Wednesday, August 29, 2007

Buka Puasa Nifshu Sya'ban


fwah... lega banget deh acara buka puasa nifshu sya'bannya lancar. Puas banget. Yang tadinya kita cuma berencana buka puasa seadanya buat SMP SMA aja, malah jadinya plus SD, guru2, sama wali murid juga. Pake cathering sgala. Wah, amazing day ever.! Kalo bisa malahan gue pingin acara kayak begini diadain tiap tahunnya. Biar anak2 SIC sekalian belajar nyusun program kegiatan. Kayak misalnya tadi, Fully sama Ica yang bersedia jadi MC. Walaupun seksi acara dkk-nya bikin mereka bingung, but they did their best, and it was amazing. I mean it! Mereka udah berani ngembangin format susunan teks MC yang udah disiapin sama kakak2 klasnya. Udah bisa nempatin kapan mereka ngomong "Waktu dan tempat kami persilahkan", "Kami ucapkan terima kasih", atau "Kami persilahkan untuk bla3" tanpa harus diingetin sama kakak2 kelasnya terutama oleh seksi acaranya. They were amazing! Smoga mereka bisa jadi pembawa acara yang mantep nantinya, dan bisa ngebimbing ade2nya buat jadi penerus generasi status pembawa acara dari SIC. Karena bagaimanapun juga, ini termasuk salah satu pembelajaran seseorang yang nantinya bakalan terjun langsung di masyarakat. Kalau mereka nggak punya kemampuan berbicara di depan umum, nggak terbiasa berani ngomong di depan orang banyak, nantinya mereka bakalan punya masalah besar pada waktunya mereka mau nggak mau harus berbicara di depan orang banyak.


Anyway, tadi yang dateng banyak banget. Dan yang gue sangka2, acaranya mulay tepat waktu, plus lagi, selesai tepat waktu juga! Ini juga yang bikin gue sebagai salah satu panitia pelaksana, puas banget sama hasilnya. Panitia, yang harus dateng jam 4, walaupun ngaret2 dikit, pada tanggung jawab semua. Kita langsung gesit nata2 semua yang dibutuhkan buat acara nanti. Dari mulay gotong2 meja + kursi dari tingkat satu sampe lapangan, trus ngenata piring2, gula, teh, kopi, sendoknya juga (ga lupa lah..)... Dan makasih banyak buat Evy, Dhika, sama Afrah yang udah bersedia ngegantiin tugasnya Seksi Perlengkapan yang mustinya bertugas nyiapin gels2 plastik sama sendok2 kecil. (masalahnya gue ni seksi perlengkapan, ketua lagih..) hah, emang disitu kebodohan gue, malah nyuruh2 orang buat beli perlengkapan ke Abou Zekry. Tapi, mudah2an pada ikhlas smuwa ngelaksanain tugasnya. Daripada maksa, mendingan nggak usah kerja sekalian. Daripada nantinya pahala ibadah pas lagi puasa jadi ilang gitu aja. Ya kan? :P [ngomong ama siapa gueh??]


Jam enem teng, bokap gue, [pak Fauzan] yang bertugas mimpin solat Tasbih sama hataman al-Quran bersama, dateng dan langsung manggilin anak2 dari jendela mesjid. Setelah ngumpul, bokap gue ngejelasin semua tentang solat Tasbih, apa, gimana, kenapa, dkk. Akhirnya, jam enem lewat spuluh menit, kita mulay solat tasbih berjamaah. Sekedar tu aja yah, solat Tasbih itu khasnya di penyebutan lafal Tasbih yang total 4 rakaat itu, ada 300 kali. Nggak heran jika solat tasbih ini disebut sebagai solat permohonan ampunan dosa. Bahkan ada hadis yang mengatakan bahwa [kurang lebih begini] "Orang yang melaksanakan Solat Tasbih, maka Insya Allah dosa2nya akan diampuni oleh Allah, meskipun sebanyak buih2 di pantai". Ouuuhh, im so impressed by that saying. Amiiin2...

GOD! Forgive us for what we've done all these times! We are so foolish that we cant even recognize our own mistakes. Bring us into your heaven, into the place that we can meet you happily ever after.!


Dear Friends, This is our 'remedial'..!!! From now on, lets do our best to do something better from before, lets lessen our sin! Lets draw a new beautiful scenery towards the beautiful heaven! The one and our only hope! Ganbarezooooooouu!!!! ;;)

Sunday, August 12, 2007

Lomba SILN a.k.a FLU BURUNG!! =))


okeh.. gue jujur ga siap ama lomba yang atu inih. gue udah nyesel brat ga bkin naskah dari minggu kmrn.. gue baru mulay bikin 8hari sbelum pengumpulan naskah. parah banget kan gue?? aduhh.. parah.. parah.. parahh..!! :(( cobaaaaaaa seleksinya cuma presentasi ajah.. kan mendingan.. gue lebih suka presentasi daripada bikin naskah. ya suka dua2nya sii.. cuma bkin naskahnya ituh loh, cape banget,, pusing.. panik2 mulu bawaannya, palagi ada batasan waktu.. tapi kalo dipikir2, batasan waktu tu bikin kita smangat kan?? ya itu yang gue rasain skrg.. ;p gue dah mulay nyari2 sumber ttg tema gue, gue translate, gue baca2, gue susun.. yahh.. emang blom dapet banyak halaman sih.. cuma gue harus brusaha byar lengkap selengkap mungkin.. masa si dhika dgr2 dari guru2 ternyata halaman minimalnya nggak ampe 10!! yang penting lengkap ajah.. tapi yah, mo brapa kek, basa basi dikit di naskahnya kan boleh.. yg penting smuwa hal udah included.. cukup deh..

Tema gue yaituuu tentang flu burung.. gue tadinya nggak begitu tertarik sama tema inih. tapi waktu gue chatting ama vadha, dy blg tema inih menarik bgt.. terinspirasi deh gueh.. bonyok juga ngedukung. now i have many supporters, that i have to win!! yeeeehaaaaa!! huahahahhahha!!!

let me explain a bit bout bird flu. flu burung tuh nama aslinya avian influenza, yaitu virus influenza tipe A yang bernama H5N1.. udah banyak dokter2 sama peneliti2 dari manapun, especially dari WHO (world health organization) yang neliti tetang virus ini. dari mana datengnya, gimana cara menularnya, kenapa bikin makhluk yang terserang jadi sakit2an, de el el.. ini juga yang udah ngebantu gue banget dlm nyusun naskah. [actually, gue lom bkin kerangka, makanya sekarang suka ngerasa ketar ketir gitu pas nyusun]

flu burung itu tadinya cuma menyerang unggas2 liar, dan mereka nggak ngerasa sakit karena udah biasa, antibodi mereka udah kebal sama penyakit yang atu inih. tapi yang jadi masalah, unggas2 tsb bisa ngenularin penyakit ini ke unggas2 ternak ataupun unggas2 yang belum pernah ngerasain terjangkit virus ini. jadinya, antibodi unggas yang terserang virus untuk pertama kalinya ini 'kaget', dan jadinya nggak bisa menyerang virus pendatang ini dalam jangka waktu yang cepet. Sehingga tubuh makin lama makin merasa sakit karena lambatnya kerja antibodi dalam menghabisi virus influenza ini.

avian influenza nggak bisa disembuhkan dengan obat2an flu biasa. penyakit ini biasanya diatasi dengan pemberian obat penurun panas dan sejenis obat flu dosis tinggi yang harus digunakan berdasarkan opini dokter.

Pada manusia dan mamalia lainnya, virus influenza ini menyebar lewat 'acara' batuk atau bersin. Sedangkan pada unggas, virus ini menyebar lewat kotorannya. Penyebaran virus antara manusia bisa lewat jalur transportasi. Seperti truk yang mengangkut hewan-hewan ternak. Sepatu2 mereka bakalan nginjek kotoran unggas, dan akhirnya terbawa ke tempat2 tertentu dan dapat tertular ke manusia lainnya lewat jalur pernapasan (hidung atau mulut) karena virus ini bisa menyebar lewat udara/angin [ato apa aja lah!].

Proses menjangkitnya virus ini pada manusia yaitu, pertama, waktu manusia melakukan kontak dekat dengan hewan2 ternak [makanya biasanya org2 yg terserang tu org2 yang punya peternakan, atau perawat ternak]. Ketika manusia terserang virus flu biasa, lalu dekat dengan hewan ternak yang udah punya flu tersebut, maka virus flu biasa dan virus hewan ternak itu akan berkombinasi di dlm tubuh manusia, saling bertukar & menggabungkan gen, jadinya dua jenis virus ini menjadi satu virus yang disebut H5N1.

that's all i got from wut i did. ;D doain gue lolos sleksi yaaaaaa!! en of course da competition later at Kuala Lumpur!! I'M COMING!!! amiiiin100x..

tapi kalo ga lolos yahh,, smuanya ada hikmahnya kan.. to be optimistic is always da best thing to do!! huaehuahuehauaheuahe!!! thx for reading!! \(n_n)/