Sunday, August 12, 2007

Lomba SILN a.k.a FLU BURUNG!! =))


okeh.. gue jujur ga siap ama lomba yang atu inih. gue udah nyesel brat ga bkin naskah dari minggu kmrn.. gue baru mulay bikin 8hari sbelum pengumpulan naskah. parah banget kan gue?? aduhh.. parah.. parah.. parahh..!! :(( cobaaaaaaa seleksinya cuma presentasi ajah.. kan mendingan.. gue lebih suka presentasi daripada bikin naskah. ya suka dua2nya sii.. cuma bkin naskahnya ituh loh, cape banget,, pusing.. panik2 mulu bawaannya, palagi ada batasan waktu.. tapi kalo dipikir2, batasan waktu tu bikin kita smangat kan?? ya itu yang gue rasain skrg.. ;p gue dah mulay nyari2 sumber ttg tema gue, gue translate, gue baca2, gue susun.. yahh.. emang blom dapet banyak halaman sih.. cuma gue harus brusaha byar lengkap selengkap mungkin.. masa si dhika dgr2 dari guru2 ternyata halaman minimalnya nggak ampe 10!! yang penting lengkap ajah.. tapi yah, mo brapa kek, basa basi dikit di naskahnya kan boleh.. yg penting smuwa hal udah included.. cukup deh..

Tema gue yaituuu tentang flu burung.. gue tadinya nggak begitu tertarik sama tema inih. tapi waktu gue chatting ama vadha, dy blg tema inih menarik bgt.. terinspirasi deh gueh.. bonyok juga ngedukung. now i have many supporters, that i have to win!! yeeeehaaaaa!! huahahahhahha!!!

let me explain a bit bout bird flu. flu burung tuh nama aslinya avian influenza, yaitu virus influenza tipe A yang bernama H5N1.. udah banyak dokter2 sama peneliti2 dari manapun, especially dari WHO (world health organization) yang neliti tetang virus ini. dari mana datengnya, gimana cara menularnya, kenapa bikin makhluk yang terserang jadi sakit2an, de el el.. ini juga yang udah ngebantu gue banget dlm nyusun naskah. [actually, gue lom bkin kerangka, makanya sekarang suka ngerasa ketar ketir gitu pas nyusun]

flu burung itu tadinya cuma menyerang unggas2 liar, dan mereka nggak ngerasa sakit karena udah biasa, antibodi mereka udah kebal sama penyakit yang atu inih. tapi yang jadi masalah, unggas2 tsb bisa ngenularin penyakit ini ke unggas2 ternak ataupun unggas2 yang belum pernah ngerasain terjangkit virus ini. jadinya, antibodi unggas yang terserang virus untuk pertama kalinya ini 'kaget', dan jadinya nggak bisa menyerang virus pendatang ini dalam jangka waktu yang cepet. Sehingga tubuh makin lama makin merasa sakit karena lambatnya kerja antibodi dalam menghabisi virus influenza ini.

avian influenza nggak bisa disembuhkan dengan obat2an flu biasa. penyakit ini biasanya diatasi dengan pemberian obat penurun panas dan sejenis obat flu dosis tinggi yang harus digunakan berdasarkan opini dokter.

Pada manusia dan mamalia lainnya, virus influenza ini menyebar lewat 'acara' batuk atau bersin. Sedangkan pada unggas, virus ini menyebar lewat kotorannya. Penyebaran virus antara manusia bisa lewat jalur transportasi. Seperti truk yang mengangkut hewan-hewan ternak. Sepatu2 mereka bakalan nginjek kotoran unggas, dan akhirnya terbawa ke tempat2 tertentu dan dapat tertular ke manusia lainnya lewat jalur pernapasan (hidung atau mulut) karena virus ini bisa menyebar lewat udara/angin [ato apa aja lah!].

Proses menjangkitnya virus ini pada manusia yaitu, pertama, waktu manusia melakukan kontak dekat dengan hewan2 ternak [makanya biasanya org2 yg terserang tu org2 yang punya peternakan, atau perawat ternak]. Ketika manusia terserang virus flu biasa, lalu dekat dengan hewan ternak yang udah punya flu tersebut, maka virus flu biasa dan virus hewan ternak itu akan berkombinasi di dlm tubuh manusia, saling bertukar & menggabungkan gen, jadinya dua jenis virus ini menjadi satu virus yang disebut H5N1.

that's all i got from wut i did. ;D doain gue lolos sleksi yaaaaaa!! en of course da competition later at Kuala Lumpur!! I'M COMING!!! amiiiin100x..

tapi kalo ga lolos yahh,, smuanya ada hikmahnya kan.. to be optimistic is always da best thing to do!! huaehuahuehauaheuahe!!! thx for reading!! \(n_n)/

1 comment:

iPeH : said...

Weiitss..PiPiiiin9..
aZa-aZa fi9hTin9..! ;)
cHaaiiYoo YaaaaaaaaaaaaH.
KaMu PaSti biSa ;)